KAPITA SELEKTA UPAYA PENANGGULANGAN FRAUD PERBANKAN/KORPORASI MELALUI AUDIT INVESTIGASI

KAPITA SELEKTA UPAYA PENANGGULANGAN FRAUD PERBANKAN/KORPORASI MELALUI AUDIT INVESTIGASI.

Pendahuluan

Berdasarkan perkembangan sejarahnya di negara-negara maju, kejahatan kerah  putih dapat disebut dengan istilah business crime atau economic criminality. Hal ini karena pelaku kejahatan ini banyak melibatkan para pengusaha, pegawai perbankan, lembaga keuangan dan para pejabat. Pada awalnya kejahatan kerah putih banyak terjadi dalam birokrasi pemerintahan.

Kejahatan keuangan dapat menimbulkan kerugian finansial yang sangat besar bagi negara dan berbagai persoalan di bidang sosial dan masyarakat, misalnya suatu tindak pidana korupsi yang dilakukan pada proyek pengadaan unit transportasi dan pembangunan jalan, maka dapat menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya sebagai akibat dari fasilitas transportasi dan jalan raya yang sangat tidak memadai.

Kejahatan kerah putih juga termasuk kecurangan (fraud), dimana pelakunya seringkali tidak menganggap dirinya sebagai penjahat. Bahkan mereka dapat merasionalisasi tindakannya sebagai bagian dari tuntutan profesi sebagaimana biasanya. Dalam prakteknya, para pelaku fraud juga berjejaring dengan berbagai lintas profesi sehingga sering disebut juga sebagai kejahatan terorganisasi (organized crime). Dewasa ini, Fraud juga dilakukan dengan memanfaat arus perkembangan teknologi informasi yang mutakhir melalui sistem komputerisasi. Oleh karena itu, dunia perbankan dan industry keuangan serta korporasi lainnya menjadi lahan subur bagi praktik kejahatan seperti ini. Kejahatan model ini merupakan gejala masyarakat industri.

Sehubungan dengan fakta diatas, maka Perusahaan dituntut untuk dapat mencegah dan mendeteksi adanya kecurangan secara optimal pada masing-masing unit kerjanya dengan mengembangkan sistem anti fraud, diantaranya dengan cara implementasi audit investigasi, whistle blowing system dan Manajemen Risiko secara komprehensif.

Audit Investigatif (Fraud Examination) adalah kegiatan pengumpulan fakta-fakta dan bukti-bukti yang dapat diterima dalam sistem hukum yang berlaku di Indonesia dengan tujuan untuk mengungkapkan terjadinya kecurangan (fraud). Audit Investigatif meliputi upaya untuk mendapatkan berbagai bukti-bukti dan pernyataan-pernyataan, memberikan kesaksian, penulisan laporan, dan membantu dalam pendeteksian dan pencegahan tindak kecurangan.

Selain itu, Perusahaan juga dituntut untuk dapat mengoptimalkan wadah dan sarana bagi penerimaan input informasi dari Pihak lain melalui sebuah sistem yang disebut Whistle Blowing System (WBS). Whistle Blowing System (WBS) atau yang dikenal dengan Sistem Pelaporan Pelanggaran adalah tindakan dan prosedur pengelolaan penerimaan, analisis dan investigasi pelaporan Pelanggaran yang dilakukan atau diduga dilakukan oleh Pimpinan dan/atau Pegawai sebuah institusi/ lembaga/ perusahaan di dalam atau di luar lingkungan institusi/ lembaga/ perusahaan tersbut, serta pemberian perlindungan kepada pelapor.

 Melalui pelatihan ini diharapkan agar Perusahaan dapat meningkatkan kemampuan auditor internal untuk mencegah dan mendeteksi adanya kecurangan, membedakan antara kecurangan dan kesalahan melalui implementasi audit investigasi secara komprehensif, mulai dari pra perencanaan, perencanaan, pelaksanaan audit investigastif sampai dengan penyusunan laporannya.

  1. Tujuan dan Manfaat Pelatihan:

Dengan pelatihan komprehensif 2 hari “KAPITA SELEKTA UPAYA PENANGGULANGAN FRAUD PERBANKAN/KORPORASI MELALUI AUDIT INVESTIGASI diharapkan secara umum peserta dapat memahami mengenai Implementasi Audit Investigasi dan dapat mendukung pelaksanaan kegiatan tugas operasional sehari-hari diharapkan peserta dapat melakukan:

  1. memotivasi Pimpinan, Pegawai atau Stake holder untuk lebih waspada terhadap perilaku Fraud yang dilakukan oleh internal perusahaan;
  2. meminimalisasi kemungkinan terjadinya risiko terjadinya fraud yang merugikan institusi/ lembaga/ perusahaan;
  1. Memahami Skema dan kecenderungan kecurangan saat ini serta dimasa depan dan kecurangan-kecurangan di dunia maya (internet).
  2. Memahami dan dapat mengidentifikasikan tanda-tanda bahaya penipuan dan kecurangan oleh pihak internal Bank.
  3. Dapat melakukan analisis kelemahan Pengendalian internal dan faktor lainnya yang menjadi pemicu kecurangan.
  4. Meningkatkan kemampuan Auditor dalam audit fraud dan investigasi

Jadwal Pelatihan

PENERAPAN WHISTLE BLOWING SYSTEM CARA EFEKTIF MENDETEKSI DAN MENCEGAH KECURANGAN

Waktu Agenda
Hari Pertama
09.00 – 10.30 Overview Fraud, Perilaku Fraud dan Pengantar  Audit Investigasi
10.30-10.45 Coffee break
10.30-12.00 Proses dan Tahapan Audit Investigasi
12.00-13.00 Istirahat dan makan siang
13.00-15.30 Teknik dan Implementasi Audit Investigasi
15.30-15.45 Coffee break
15.45-17.00 Simulasi Audit  Investigasi pada perusahaan
Hari Kedua

 

09.00 – 10.30 Upaya deteksi Fraud melalui WBS
10.30-10.45 Coffee break
10.30-12.00 Upaya Pencegahan Fraud Melalui WBS
12.00-13.00 Istirahat dan makan siang
13.00-15.30 Kerangka Manajemen Risiko Dalam Pengendalian Fraud
15.30-15.45 Coffee break
15.45-17.00 Monitoring dan Evaluasi sebegai Implementasi Fraud Control Plan

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat email dibawah ini.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.

Jadwal training 2016 , Jadwal training 2017 , Jadwal training 2018 , Jadwal training 2019 , Jadwal training 2020 , Jadwal training 2021 , Jadwal training 2022 , di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Medan, Batam, Riau, Pontianak, Semarang, Solo, Manado, dan Kota-kota lainnya

Posted in Finance / Banking / Accounting / Insurance & Budgeting Programs and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , .